TibetGalerie.com - Tibet Galerie in Karlsruhe: Produkte wie Edelsteine, Schalen, Geschenke, Buddhas & mehr

Review Ford EcoSport 1

Review Ford EcoSport 1

Di Eropa, pasar kendaraan beroda empat sub-compact yang dihuni oleh Honda Jazz, Toyota Yaris dan Ford Fiesta sudah mulai bergeser ke arah compact SUV atau crossover semenjak Nissan memperkenalkan Nissan Juke. Kali ini AutonetMagz akan mencoba sebuah kendaraan beroda empat baru dari PT Ford Motor Indonesia di kelas compact SUV yaitu Ford EcoSport yang menjadi kandidat kuat untuk mengawali perubahan isu terhangat sub compact hacthback ke compact SUV sebab memiliki jangka harga yang sebanding. Yuk mari kita bahas secara mendalam!

Ford EcoSport yaitu kendaraan beroda empat global yang akan dipasarkan hampir di seluruh belahan dunia. Untuk pasar Indonesia, kita mendapatkan unit rakitan Thailand. Namun secara garis besar, desain kendaraan beroda empat ini sama seperti Ford EcoSport yang kita temukan di negara lain karena filosofi "One Ford".

Secara desain, kendaraan beroda empat ini tampak besar, namun ketika Anda melihat secara seketika, ternyata Ford EcoSport memiliki ukurang yang betul-betul kompak, malah dikala kami memarkir kendaraan beroda empat ini di salah satu sentra perbelanjaan terasa betul-betul mudah untuk diparkirkan sendiri seperti layaknya Ford Fiesta atau sekelasnya.

Desain depannya menganut filosofi desain Ford EcoSport terbaru yaitu Kinetic Design yang ketika ini sedang dipakai di semua teladan Ford terupdate, lampu depannya dibuat sipit tanpa projector, di bagian bawah lampu kita akan menemukan LED stripe memanjang yang tak menyala di siang hari sebab lampu LED tersebut dipakai sebagai lampu senja. Saran kami, kalau berkendara di siang hari tak ada salahnya dinyalakan supaya menonjol seperti LED DRL (Daytime Running Light).

Untuk varian Titanium Ford EcoSport, grille dan housing fog lamp-nya sudah dilengkapi dengan ornamen chrome. Dibawah fog lamp kita akan menemukan bentuk bumper yang memiliki alur rumit untuk menambah aerodinamika. Bahkan tiap-tiap-tiap detail di kendaraan beroda empat ini sengaja diwujudkan untuk meminimalkan hambatan angin. Karenanya tak heran walaupun Ford EcoSport memiliki desain yang besar serta ground clearance tinggi, tetapi kendaraan beroda empat ini mencatatkan skor hambatan angin cuma 0.36 cd saja, betul-betul baik untuk sebuah SUV.

Dari belakang Ford EcoSport, kita akan menemukan tampilan yang beberapa orang menganggapnya telah tertinggal jaman, karena adanya ban cadangan yang di ‘gendong’ dengan desain cover sederhana, tapi ini kembali kepada selera masing-masing. Selain yang unik pada Ford EcoSport ada pada desain door handle pintu belakang yang berada di sebelah kanan (kendaraan beroda empat sejenis lain di Indonesia ada di sebelah kiri) dan di kamuflasekan dengan desain lampu belakang.

Meski itu, Ford EcoSport telah dibekali dengan roof rail, totomsukopratomo.blogspot.com frameless wiper, fog lamp belakang dan velg 16 inchi dengan desain unik. Tak menarik, meskipun Ford menyebutnya urban SUV (SUV perkotaan), EcoSport justru memiliki kemampuan off-road yang cukup oke berkat ground clearance 200 mm dan water wading 550 mm, sehingga tak perlu takut dikala menerabas banjir.

Masuk ke dalam kabin Ford EcoSport, interiornya tak jauh berbeda seperti milik saudaranya ialah Ford Fiesta, wujudnya betul-betul identik, cuma terjadi sebagian ubahan kecil yang seperti pada ventilasi AC dan door trim. Sisanya sama saja seperti Ford Fiesta karena memang kendaraan beroda empat ini masih mengaplikasikan platform yang sama.

Tidak ubahnya seperti Fiesta, melainkan kualitas cara kerja dan bahan material Ford EcoSport terasa betul-betul baik untuk kendaraan beroda empat dengan harga dibawah 300 juta. Masuk ke dalam interior, kita akan disambut dengan jok kulit yang mempunyai jahitan berwarna merah. Tak menarik dikala kita duduk di bangku pengemudi, kita akan menemukan pembatasan yang betul-betul kaya mulai dari setir yang memiliki pengontrolan tilt and telescopic, jok dan seatbelt yang sudah dilengkapi height adjuster, lumbar support untuk mengendalikan ketebalan sandaran punggung dan handrest.

Hanya sampai duduk saja, dikala menggenggam kemudi bahkan kita akan menikmati kemudi dengan balutan kulit dan speedometer yang mempunyai warna icy blue. Seperti layaknya kendaraan beroda empat Eropa dan Amerika lainnya, Ford EcoSport memilki tuas sein di sebelah kiri dan tombol pengatur lampu pada dashboard sebelah kanan dengan contoh putar.

Centre cluster dashboard dari Ford EcoSport betul-betul identik dengan Ford Fiesta, teknologi Ford SYNC™ dengan sebuah layar LCD monochrome berwarna senada dengan speedometer memberikan kesan futuristik sekaligus kompleks, karena kita akan menemukan banyak tombol mulai dari pilihan mode sumber audio dan angka-angka yang biasa kita peroleh pada telepon genggam.

Ini dikarenakan Ford EcoSport mempunyai on board computer seperti layaknya i-Drive pada BMW tapi lebih sederhana. Teknologi Ford SYNC™ ini mampu menjaga konsentrasi mengemudi tanpa mesti terganggu pengontrolan audio, kita bisa memilih nyanyian, memilih frekuensi radio, melakukan panggilan telepon, membaca dan membalas SMS cuma dengan perintah suara yang terhubung melewati telpon seluler melalui Bluetooth. Sayang, layar tengah Ford EcoSport tidak dapat memutar video.